Langsung ke konten utama

Judul Kdrama

Review Kdrama Hwayugi or Korean Odyssey

Review Kdrama Nothting to Lose or Judge Vs Judge

Aksi seorang Hakim wanita mengamuk dan naik di atas meja ketika persidangan sedang berlangsung. Melepas jubahnya, saking kesalnya, dia menunjuk bahkan memaki maki dengan kata kata yang pedas kepada pelaku kejahatan pemerkosa sekaligus  pembunuhan seorang anak dibawah umur, merasa tidak bersalah dan bangga dengan sikapnya. Rekan rekan hakim seprofesinya berusaha mencegah dan menyadarkan Hakim Lee Jung-Joo.
Hak Cipta Gambar SBS
Aksinya ini menjadi viral di sosial media bahkan menjadi trending topik. Betapa. Malunya Jung Joo setelah peristiwa ini. Dia meminta maaf kepada Hakim senior.

Kisah kehidupan seorang hakim dalam menegakkan hukum seadil adilnya. Hakim yang kembali melakukan penyidikan ulang atas kasus vonis seseorang dinyatakan bersalah namun sebenarnya orang yang divonis itu tidak bersalah, (Kasus Banding) 

Judul Drama : Judge Vs Judge atau Nothting to Lose
Penulis Naskah :  Seo In
Tv  : SBS
Jumlah Episode : 32 episode
Durasi : 30 menit tiap episode. (2 Episode Sekali Tayang)
Hari : Rabu dan Kamis
Tanggal :  22 november 2017 -  11 januari 2018

Cast :
Park Eun Bin sebagai Lee Jung Joo
Yeon Woo Jin sebagai Sa Ui-Hyun
Dong Ha sebagai Dong Han Joon

Mengenal Sosok Park Eun Bin dan Yeon Woo-Jin
Yeon Woo-Jin
Di tahun 2017 sepertinya Yeon Woo-Jin super sibuk dan laris manis, Awal tahun ini terlibat dalam proyek Kdrama "My Shy Bos"  sosok bos yang introvert namun berhati hangat. Nih drama keren, ceritanya sederhana namun menarik, SELENGKAPNYA... 

Pengenalan Karakter 
Hakim Lee Jung-Joo 
Cantik dan muda,berani,  energik, lincah dan blak blakan berbicara. Hakim yang menjunjung tinggi keadilan lagi,  Peristiwa masa lalu yang mengharuskan  dirinya Berprofesi sebagai seorang Hakim.  Saat masih duduk di bangku SMA, 10 tahun yang lalu  dirinya harus ditinggal pergi selama lamanya oleh sang ibu, kala itu Ibunya sakit parah yang harus segera dioperasi, pada saat itu pula  penyidik kepolisian menangkap sang kakak dengan tuduhan telah memperkosa lalu membunuh seorang gadis. Jung-Joo sebenarnya tak percaya namun sang kakak mengakui perbuatannya di depan petugas penyidik kepolisian.
Jung Joo menangis tak percaya mengapa sang kakak tega melakukannya
Jung-Joo bahkan berusaha masuk ke kantor hakim yang sedang menangani kasus kakaknya untuk segera merobek dan membuang berkas perkara sang kakak, namun seorang hakim wanita yang menyadarkan Lee Jung-Joo bahwa dirinya salah jika melakukan hal seperti itu, sebaiknya dirinya menjadi hakim seperti dirinya. Hakim wanita itu memakaikan Jubah Hakim miliknya ke tubuh Jung-Joo yang saat itu masih berstatus sebagian pelajar SMA.

Sejak saat itu hakim wanita ini menjadi sahabat dan mentor bagi Lee Jung-Joo. Hakim wanita itu sangat di hormatinya karena karena berkat dirinya lah, Jung-Joo bisa menjadi seorang Hakim.

Hakim Sa Ui-Hyun 
Tampan, sedikit bicara namun tindakannya tegas. Hakim yang menjunjung tinggi keadilan. Meski wajahnya sudah di timpuk sepatu oleh Jung-Joo sebenarnya lemparan sepatu Jung-Joo bukan untuk Hakim Sa Ui-Hyun namun pencopet yang mengambil tasnya, membuat Jung Joo histeris dan mengejarnya dengan melemparkan sepatu miliknya, namun yang terkena lemparan hakim Sa Ui-Hyun). 

Sa Ui-Hyun yang kala itu belum mengenal Lee Jung-Joo segera mengejar pencopet itu dan berhasil menangkap pelaku. Sa Ui-Hyun merupakan penyelamat Jung Joo, dia berhasil mengambil tas Jung Joo dan berkas perkara pengadilannya bisa selamat. 

Hakim Sa Ui-Hyun ibarat pahlawan bagi hakim Lee Jung-Joo, berkat pesan pesannya kepada Jung Joo, dia berhasil menyelamatkan Jung Joo dari penyanderaan pelaku tindak kejahatan.
Penolong dan baik hati, itu sosok Ui-Hyun, saat dirinya  masih kuliah, Sa Ui-Hyun tmembantu kakak Jung Joo untuk merekam suaranya di handphone, untuk diberikan kepada ibu Jung Joo. Kala itu kakak Jung Joo di vonis bersalah, dan langsung di bawa ke sel tahanan. Sa Ui-Hyun datang ke rumah sakit memberikan rekaman suara kakak Jung Joo kepada ibu Jung Joo.

Hakim Do Han Joon  
Rekan Se profesi Hakim Lee Jung-Joo dan juga sahabat dari Sa Ui-Hyun. Han Joon selalu memperhatikan Hakim Jung Jo, sepertinya dia menyukai Jung Joo. Sejak ibu Jung Joo meninggal mereka berkenalan. Bahkan atas permintaan Jung Joo, Han Joon merekam suaranya mengaku sebagai kakak Jung Joo, rekaman itu untuk diberikan kepada ibu Jung Joo.  Untuk membuktikan bahwa kakaknya baik baik saja, padahal kala itu kakaknya sudah masuk sel tahanan.
Ibu Hakim Han Joon ternyata adalah hakim wanita yang sangat di hormati oleh Hakim Lee Jung-Joo. Yang merupakan panutan bagi Jung Joo. Pesannya kepada Jung-Joo
"Seorang Hakim akan berhasil jika tidak membuat keputusan yang salah."

Namun Kehidupan keluarga Han Joon tidak menyenangkan, Ayahnya sangat  berpengaruh di kalangan petugas keadilan, bahkan atas perintahnya dia dengan mudahnya menghentikan penyidikan seseorang.  Keputusan penuh berada di tangannya.
Kehidupan keluarga Han Joon tidaklah bahagia lagi, Ibu Han Joon memiliki bekas luka di lehernya, mungkinkah karena dipukul oleh sang suami, Han Joon sangat menyayangi ibunya, namun dia tidak berdaya melawan kekuasaan sang ayah.

Aksi Aksi Nekat Lee Jun di ruang Persidangan 
Jung-Joo marah dan berontak melihat tingkah pria yang melakukan tindakan pemerkosa an dan pembunuhan namun pria itu tidak merasa bersalah sama sekali.  Akibatnya Jung Joo dipersidangan, dia memaki dan mengamuk sambil naik di atas meja di tengah persidangan berlangsung. Bahkan Hakim senior yang berusaha mencegahnya jadi ikut kena amukan Hakim Jung Joo.
Aksinya menjadi viral di sosial media dan menjadi trending topik. Membuat Jung-Joo sangat malu dengan perbuatannya. (baru nyadar yah.. Hehehe..) 
(siapa sih yang tidak marah, terdakwa hanya mengatakan itu proses pembelajaran seks untuk anak anak, dirinya bukan pemorkosa dan pembunuh.. Eh mm...)
Jung Joo marah mewakili keluarga korban yang sangat emosi dengan jawaban terdakwa. 

Di persidangan berikutnya, akibat perbuatan Hakim Lee, pelaku kejahatan pemerkosa dan pembunuhan itu, merasa dirinya akan terkena vonis hukuman, sebelum pembacaan vonis, dia menodongkan pisau ke leher salah satu wanita, meminta agar hakim Lee Jung-Joo bersamanya, terpaksa  Hakim Lee. Jung Joo  nekat, dan setuju di jadikan sandera, Tahanan itu menyandera Hakim Lee Jung-Joo d ruang persidangan.

Tersangka  menancapkan pisau ke leher Hakim Lee Jung-Joo, memaksa nya untuk membakar berkas perkaranya sehingga putusan pengadilan batal.

Hakim pria Sa Ui-Hyun masuk kedalam ruangan bernegoisasi dengan pria kasar itu, sambil menyampaikan pesan pesan lewat kata-katanya, Hakim Jung Joo mengerti maksud Hakim Ui-Hyun. Hakim Jung Joo paham ucapan Sa Ui-Hyun. Sa Ui-Hyun kemudian pergi meninggalkan Jung Joo. Akhirnya Hakim Jung Joo secara beraksi,  karena pria itu terus meminta Jung Joo membakar berkas perkaranya, namun Jung Joo yang cerdik, api pada korek apinya, mengenai wajah pria itu. Jung Joo dengan cepat melepaskan jubah hakimnya dan menutupi badan pria itu.  

Jung Joo akhirnya bisa melarikan diri. Diluar ruangan, penyidik kepolisian bersiap siap siap masuk, segera masuk dan akhirnya menangkap pelaku. Tubuh Jung-Joo gemetaran baru saja lolos dari maut. 

Kerjasama Hakim. Sa Ui-Hyun dan Hakim Jung Joo 
Hakim  Lee Jung-Joo bersama dengan Hakim Sa Ui-Hyun, mulai mendapatkan bukti bukti bahwa kakak Hakim Jung Joo bukanlah pelaku pembunuhan dan pemerkosa. Tapi entah mengapa sang Kakak baru mengaku bukanlah dirinya pelaku sebenarnya, setelah sekian lama mendekam di balik jeruji besi, vonis nya 20 tahun penjara, bahkan dia sudah menghabiskan waktu 10 tahun masa tahanannya,  mengakui kejahatan tersebut. 

Kini Hakim Jung Joo bertemu kembali dengan Sang Kakak, setelah sekian tahun terpisah. Bertemu di ruang persidangan. 

Jung Joo masih kecewa dan benci dengan Sang Kakak... 
Namun Satu demi satu terkuak semua bukti mengarah kepada Hakim Do Han Joon. Namun Do Han Joon berusaha mengelak dan menghindari Hakim Jung Joo.

Bagaimana perjuangan seorang Hakim wanita Jung Joo menyelamatkan Sang Kakak dari ketidakadilan hukum yang di jatuhkan kepada sang  kakak. Mampukah dia membela dan membuktikan bahwa kakaknya selama ini tidak bersalah. 
Apakah betul Hakim Do Han Joon ada dibalik peristiwa masa lalu...???

Drama ini mengisahkan seorang hakim yang menyelidiki kembali berbagai kasus perkara tersangka yang bersalah di mata hukum dan masyarakat. Namun sejumlah bukti terkuak bahwa pelaku tidak bersalah,padahal pelaku kejahatan sudah menjalani proses hukum bahkan telah menjalani hukuman  di sel tahanan.
Hakim Sa Ui-Hyun dan Hakim Lee Jung-Joo, Mereka adalah hakim muda yang bekerja dengan tekun dan tanggap melakukan penyelidikan tanpa campur tangan dari pihak atas (pihak yang lebih tinggi jabatannya). Mampukah dia menunjukkan kepada masyarakat bahwa peradilan harus di tegakkan seadil adilnya....Mampukah dia bertahan dari ancaman dan otoritas pejabat atas atau pihak yang berkuasa...

Semuanya terangkum dalam Kdrama Judge Vs Judge... Drama ini masih hangat dan masih tayang di stasiun SBS, menggantikan slot tayang Kdrama "While You Were Sleeping"...
Sepertinya saya hanya mengulas Reviewnya secara singkat.. tuk lebih detailnya yang tertarik dengan aksi Hakim Lee Jung-Joo dan Hakim Sa Ui-Hyun... lihat di SBS..

Baca Juga :  
Annyeong Haseyo,... Kamsahamnida...Terima Kasih Sobat Kdrama... 
NO SPAM, Berikan Komentar yang relevan dengan pembahasan... 
NO COPAS TULISAN ...NO COPAS GAMBAR... HARGAI SEMANGAT PENULIS... 
Salam K Drama...FIGTHING, Berbahagialah Sobat... 





Postingan populer dari blog ini

Update Manhole

Update Manhole Episode 1 -  8 Melalui Manhole inilah aksi Bong-Pil berjalan kembali ke waktu dimana dia bisa memperbaiki ataukah meluruskan kembali waktu kebersamaan nya bersama Soo-Jin. Masuk ke dalam Manhole pertama kali Kembali ke masa sekolah SMA Soo-Jin secara tak sengaja memecahkan cermin lemari besar di sekolah demi melindungi Soo Jin, Bong-Pil yang mengakui kalau dia yang memecahkan, sebagai hukuman dari guru dia harus berari keliling lapangan 100 kali. (waktu lalu, cuma 50 kali hukumannya, berarti keadaan bisa berubah,  ucapnya dalam hati). Hak Cipta Gambar Milik KBS2  Peristiwa lain lagi, misi Bong-Pil Mencegah pria gereja mendekati Soo-Jin, dimasa lalu Bong-Pil kalah berkelahi dg pria gereja tersebut. Kali ini Bong-Pil yang menang...tapi apa yang terjadi di masa kini? Bong-Pil menjadi Mafia Dia berubah jadi mafia yang jago berkelahi, bertato, memakai kalung besar, semua gank dia kalahkan bahkan dicari sama polisi dan dicari anggota mafia lainnya. Ortunya sen

Black Update 4

Black berhasil menemukan Kang Ha Ram. Black tidak menemukan kunci jeruji besi. Kekuatan Black mampu meregangkan jeruji besi itu. Demi menyelamatkan Ha Ram... Hak Cipta Gambar OCN  Simak yuk kisahnya....  Black segera di bawa mobil ambulans, namun dia melompat, Black menuju tempat semula, markas penjahat berantai itu. Black akhirnya menyadari ternyata di sekitar  markasnya, ada sebuah sel. Black mendekat dan melihat Kang Ha Ram ada didalam. Black tidak bisa membuka paksa sel tahanan itu, dengan kekuatannya Black mampu meregangkan  jeruji besi sel tahanan.  dengan segera dia menyelamatkan Ha Ram.  Black nampak sangat mengkhwatirkan kondisi Ha Ram, dia  memeluk Ha Ram  dan meminta maaf. Ternyata Ha Ram tidak sendiri,  Presdir Oh Man Soo pingsan  dan terluka sangat parah.   Ha Ram yang syok, kaget seolah tidak memperhatikan Black, dia kelihatan ketakutan lagi, melihat ada orang yang datang. Ha Ram memeluk  presdir Oh Man Soo yang pingsan, luka nya sangat parah. Mengapa Pr