Langsung ke konten utama

Judul Kdrama

Review Kdrama Hwayugi or Korean Odyssey

Curhatku mengenai Deserving Of The Name

Akhirnya tamat juga, drama yang bersetting di dua era, jaman Joseon dan masa kini Seoul.
Cerita kehidupan dokter, yang mengutamakan keselamatan  pasien. Melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan pasien. Ada cinta, ada duka, ada canda, berakhir dengan perpisahan dan pertemuan kembali  Heo Im dan Yeon-Kyung. Mereka akhirnya kembali dipertemukan oleh takdir.
Hak Cipta Gambar TvN 

Mungkin ada yang bertanya tanya bagaimana cara Heo Im kembali datang ke Seoul lagi, Kembali ke sisi Yeon-Kyung. Itu adalah takdir.. Hadiah penghargaan yang diberikan kepadanya..

Heo Im sebelum memenuhi panggilan padaku Raja untuk mengobatinya, dia Mendahulukan menyelamatkan pasien darurat seorang anak yang terluka parah terkena tanduk kerbau.
Dia dengan tulus dan tanggung jawab mengobati anak tersebut. Memberikan akupunktur dan menjahit lukanya.

Berkat Ketulusan hatinya dan dedikasi nya sebagai seorang dokter. Dia bisa kembali lagi ke Seoul. Jarum dan kotak akupunktur itu masih terus bersama Heo Im.

Yeon-Kyung dan Heo Im saling mendukung dan percaya. Ini terbukti dari..

Heo Im sudah tidak terluka lagi karena status sosialnya, dia belajar dari Yeon-Kyung, nasihat dan dukungan Yeon-Kyung selama bersamanya menyadarkan dia tentang arti kebahagiaan. Menyelamatkan pasien tanpa motivasi ingin kekayaan, kekuasaan dan kedudukan jauh lebih membahagiakan. Heo Im tanpa membawa dan memiliki apa apa dengan sukarela kembali ke klinik Haeminseo.

Apa yang menyebabkan Yeon-Kyung pulih dari trauma masa lalunya dan kembali bersemangat menjadi dokter...???
Saat Yeon-Kyung tidak ingin menjadi dokter lagi, karena tidak mampu menyelamatkan Oh Ha Ra,  Heo Im selalu ada memberi dukungan. Kepercayaan dirinya  sebagai dokter ahli bedah mulai bangkit lagi. Ini semua dukungan Heo Im.
Di era Joseon, Yeon-Kyung masih mengingat kematian Oh Ha Ra, dan tidak ingin menjadi dokter, berkat dukungan dari Heo Im, dia tersadar. Saat melakukan operasi darurat terhadap seorang anak yang terkena luka tembak.

Yeon-Kyung berkata, " Aku tidak ingin melakukan operasi lagi. Bagaimana kalau dia juga mati setelah aku merawatnya? 
Heo Im berkata, " Lihatlah aku, sadarlah dan dengarkan aku. Kau itu dokter, kau melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan siapapun pasien itu. Kau adalah dokter terbaik yang aku tahu. Aku tidak tahu apa itu pistol, aku belum pernah merawat ataupun melihat luka seperti itu. Aku tidak bisa melakukan sendirian. Satu-satunya yang bisa menyelamatkan anak itu adalah kau. 

Sehabis operasi dan melihat anak kecil itu pulih,
Yeon-Kyung berkata, "ini luar biasa, aku melakukan operasi di tempat yang seperti ini. Aku berusaha menyelamatkan seseorang. 
Heo Im berkata," yang lebih penting dari kemampuan seorang dokter adalah keinginan pasien untuk tetap hidup. Inilah hal pertama yang aku pelajari dari guruku. Kau harus mempelajari pikiran pasien terlebih dahulu untuk meningkatkan keinginan sembuhnya. 
Ada sesuatu yang tidak diajarkan padaku, ada lebih banyak pasien yang tidak bisa diselamatkan daripada pasien yang bisa diselamatkan sebagai seorang dokter. Itu adalah takdir seorang dokter yang tinggal di tanah ini. Aku menangis seharian penuh waktu pertama kali kehilangan pasienku. Aku tidak akan menangis lagi nantinya. 
Kematian menyedihkan tapi itu bukan kekuasaan kita untuk menentukan hidup atau mati. Kita hanya berusaha yang terbaik untuk menghentikan kematian. 

Heo Im memberikan hadiah pemberian Oh Ha Ra kepada Yeon-Kyung.. 

Oh Ha Ra dan Ayahmu, pasti telah melakukan yang terbaik sampai akhir karena mereka tahu bagaimana perasaanmu. 
Ini adalah hadiah yang ditinggalkannya untukmu.dia mau memberitahumu, kalau hati yang terbesar ini adalah untuknya. Meski jantungnya berhenti berdetak tapi jiwanya selalu berada di hatinya dan tetap bersinar seperti ini. 

Saat Yeon-Kyung dirawat di Rumah Sakit
Yeon-Kyung berkata, "Pikirku mungkin sudah melupakan tapi tanganku ingat. Momen saat jantung ayahku berhenti. Aku ingin menjadi seorang yang membuat jantung berdetak."
Heo Im berkata," kamu sudah menyelamatkan banyak nyawa dengan tanganmu ini. Ini pasti hadiah dari ayahmu. 

Pernah suatu hari Yeon-Kyung tidak menemukan keberadaan Heo Im di setiap sudut rumahnya, Yeon-Kyung ketakutan, panik dan begitu khawatir. Betapa leganya Yeon-Kyung melihat Heo Im masih ada dan baik baik saja.
Heo Im berkata, "Apa kau sudah lupa, kalau aku tidak akan meninggalkanmu sendirian lagi. Aku akan lebih berhati hati mulai dari sekarang. Meskipun aku melakukan perjalanan waktu lagi. Aku akan segera kembali."

Ketika merawat Sang Kakek
Yeon-Kyung sebenarnya sangat menyayangi kakeknya, dia berhasil melakukan operasi katup jantung pada sang kakek, dan dia ingin agar kakeknya hidup lama dan sehat.
Sang kakek berkata, "aku pikir cucuku yang berharga pandai dalam menyelamatkan orang, ternyata dia juga bisa menyembuhkan pikiran pasien. 
Kau  pernah bilang mau menjadi dokter oriental tapi waktu kau mengatakan ingin masuk sekolah medis, kakek tidak sedih sama sekali. Kau tidak perlu bekerja disamping kakek atau bekerja di Haeminseo tapi berada di samping orang orang yang memerlukanmu. Selamatkan mereka dan sembuhkan mereka. Tidak masalah selama kau menjadi dokter yang baik. Aku tahu sekarang kalau ini adalah tempatmu seharusnya berada. Orang orang bersinar dan menjadi diri mereka sendiri saat mereka berada di tempat yang seharusnya. 

Karena nasihat sang Kakek inilah, Yeon-Kyung tersadar betapa Heo Im sangat dibutuhkan di Joseon. Heo Im dokter berbakat, Joseon membutuhkannya karena keadaan peperangan melawan Jepang.

Dia rela melepaskan Heo Im meskipun dengan berat hati, dan...
Drama ini berakhir dengan Happy Ending. Chemistry Kim Nam Gil sebagai Heo Im  dan Kim A Joong sebagai Yeon-Kyung  tampil memukau dan mantap. Pribadi yang hangat sebagai dokter. Melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan pasien.

Sebagai pasangan kekasih, kisah cinta dua era, Joseon dan Seoul.. Patut diacungi jempol. Penulis skenario memberikan tema yang menarik dengan suasana yang berbeda. Cerita berawal dari takdir. Mereka bertemu dan berpisah, Pada akhirnya dipertemukan kembali lagi karena TAKDIR.
Itu adalah takdir...
"Di dalam hidupmu, ada saat saat dimana kau berharap akan sesuatu atau menginginkan sesuatu, kemudian hadiah tak terduga datang padamu. Itu adalah penghargaan sebenarnya."
Tamat

Deserving Of The Name Completed 


Baca Juga : Curhatku tentang arti sebuah tulisan

Annyeong Haseyo,... Kamsahamnida... 
Terima Kasih telah membaca di blog ini sista pembaca Kdrama... 
NO SPAM Berikan Komentar yang relevan dengan pembahasan... 
NO COPAS... HARGAI SEMANGAT PENULIS... 
Salam K Drama... FIGTHING SIST 


Postingan populer dari blog ini

Temperature of Love update 3

Hyun Soo dan Jung Sun kini bersama lagi...terlihat bahagia. Ikuti Yuk Kisahnya...  Kondisi keuangan Restoran Good Soup berangsur angsur sudah mulai membaik, berkat dukungan dana investasi Direktur Park. Beberapa waktu yang lalu Jung-Sun pernah tampil di sebuah acara tv, Star Favorit Dish, menu spesial Aktris Lee Dell Hee. Dia memenangkan kompetisi memasak tema masakan kesukaan sang Aktris, dengan juri sang Aktris sendiri. Dia memuji ketampanan Jung-Sun.dan memuji masakan Jung-Sun. Hak Cipta Gambar SBS Dia pun berkata, " Aku merasa seperti kembali ke usia 20 an lagi saat menjelajahi jalanan kota Paris bersama suamiku, melelahkan tapi aku merasa senang. Chef Jung-Sun berkata," Terima kasih,  inilah alasanku memasak. Aku ingin membuat orang bahagia meski hanya untuk sementara.  Setelah itu Jung Sun melakukan wawancara terbuka dengan media dan memposting fotonya. Jung-Sun yang tampan dan pandai memasak, dalam waktu singkat sosoknya menjadi terkenal. Banyak pengun