Langsung ke konten utama

Judul Kdrama

Review Kdrama Hwayugi or Korean Odyssey

Deserving Of The Name "Terlewatkan Sayang"


Moment penting terlewatkan sayang... 

Kisah Pemberian Nama Heo Im menjadi Heo Bong Tak 

Sang Nenek yang menderita demensia ini sudah bisa tersenyum bahagia, sejak kedatangan Heo Im  ke klinik Haeminseo.  Sang nenek memanggil Heo Im dg nama Bong Tak dan mengira Heo Im adalah anaknya, (anaknya berimigrasi dan tidak pernah kembali). Sebagai ungkapan terimakasih nya telah merawat dan mengobati Bong Shik (anak babi kecil yang sakit sembelit),  Dia memberi Heo Im benzoar sapi, (itu obat yang mestinya di makan ibu Heo Im tapi sangat sulit didapatkan di jaman Joseon hingga ibunya meninggal). Heo Im menatap pilu dan menetaskan air mata memakan pemberian sang nenek dan menyuap benzoar ke nenek pula. Yeon-Kyung yang melihatnya hanya bisa menatap pilu, rasa simpati mulai terasa dari tatapan mata Yeon Kyung.
Hak Cipta Gambar TvN 

Kunci Pembuka Jaman Joseon dan Masa Kini
Tabib Heo Jung.... Masih menjadi misteri dia adalah kunci rahasia antara Joseon dg masa kini.Pertemuan Heo Im dan Heo Jung di dalam penjara. Heo jung di tangkap karena dianggap mengenalkan Tabib gadungan kepada Raja. Beliau banyak memberi nasihat kepada Heo Him, dengan kalimat yang masih perlu direnungkan Heo Im biar dia sadar akan kesalahan nya..
Tabib Heo Jung tahu kalau Heo Im dari.masa kini, dan kembali dengan terpaksa melihat potongan rambutnya yang pendek dan rapi. Tabib Heo Jung pun berkata,...
"Apa kau tidak muak selalu membahas latar belakangmu?, "Makanya kamu mendapatkan harga dirimu dengan mengobati pejabat dengan tanganmu." Kamu menyalahgunakan kekuasaan melalui praktek medis. "Apa frustasimu hilang saat kau menumpuk kekayaan yang tidak bisa kau gunakan?, jadi bagaimana rasanya dunia tanpa kelas sosial? Apa ada bedanya? Kamu kira bisa mendapat yang tidak bisa kau dapat di dunia ini?  Apakah kamu belum mengerti? Konsep bengkok Mu pada dunia, sudah membawa ke jalan yang salah selaku Tabib. Tempat penyimpanan jarummu tidak membuatmu menjadi Tabib. Kau tidak tahu Betapa berharga nya bakat untuk. Dasar pecundang. 
                                   

Kotak Akupunktur 
Heo Im menatap tempat akupunktur nya dengan seksama, terjadi perubahan warna menjadi berkilau,  ini bukan miliknya tapi kenapa tempat kotak akupunktur ini terus bersamanya selalu, di Joseon dan masa kini. Bersama kotak akupunktur dia menjelajah waktu.

Pertemuan Tabib Heo Jung dan Yeon-Kyung 
Tabib Heo jung terbebas dari sel, dia pun bertemu Yeon-Kyung dan bermaksud mengembalikan tas Yeon-Kyung yang dulu  tertinggal. dia bahkan ingat Yeon-Kyung di masa kecil suka makan permen. (sepertinya Heo Jung pernah ke Seoul menjelajah waktu).
Heo Jung berpesan ke Yeon-Kyung bahwa "Tabib Heo Im tabib yang baik. Dunia membutuhkan Tabib yang baik dan hanya dr Yeon-Kyung yang bisa mengubahnya. Pasti ada alasan kenapa kalian berdua bertemu dan datang bersama sama kemari. Meskipun berat, aku harap kamu bisa menjadi temannya. Jika kita bertemu lagi, mari kita bicara panjang saat itu. 


Ada yang Lucu... 
Scene  Gokil... Hehehe
Maksud hati ke RS eh naik sepeda tapi (mirip naik kuda yah gaya Heo Im pake sepeda) jadi...kecelakaan tabrak mobil yang terparkir..

Heo Him di jemput ambulans namun di dalam mobil, justru petugas ini yang sakit mendapatkan akupunktur dalam ambulans... Ambulans kencang dan goyang, Heo Im yang terluka  tetap berusaha memberikan akupunktur..(siapa sih yang sebenarnya sakit, hehehe) 


Lawan prajurit Jepang, eh Tabib Heo Im semprot mata sendiri. Syukurlah ada YeonKyung yang membantu melarikan diri, hehehe..

                                     

Heo Im ditahan karena tanpa surat ijin legal memberikan akupunktur pada Oh Ha Ra.
Eh... Bukannya di tahan, justru memberikan akupunktur kepada petugas polisi yang sakit perut.
                                     

Di Jaman Joseon berusaha tuk Balik ke Seoul, aksi lucu mereka...Yeon-Kyung mengambil batu besar, Heo Im mesti  mati saja dulu khan,  Tapi dia dak bisa membunuh karena dokter itu mengobati bukan membunuh.

Yeon-Kyung memberi pisau Heo Im tuk bunuh diri, namun Heo Im ketakutan, hehehe..
Heo Im malah berkata "sy mati dan mesti memelukmu juga, supaya kamu ikut..Tidak berhasil lagi aksi mereka, karena tidak ada yang ingin saling melukai...

Di Jaman Joseon Yeon-Kyung di tahan sementara dan bertemu dengan sepatu nya yang tertinggal di Seoul, tapi pria yang mengembalikan sepatunya dapat...Plakkkk.. Tamparan sepatu yang sangat keras.. hehehe.. Yeon-Kyung berhasil meloloskan diri..
                                     

Ada yang Istimewa...  My favorit
Oh Ha Ra yang awalnya tidak ingin operasi berubah pikiran karena nasihat Tabib Heo Im dan dia percaya Yeon-Kyung menepati janjinya.
Yeon-Kyung tidak melihat dan tidak mengetahui Tabib Heo Im mendengar pembicaraan mereka.
Dia pun berkata kepada Oh Ha Ra, " aku tidak ingin membujukmu operasi karena memang pasien yang menentukan, tapi ketahuilah ini dulu sebelum mengambil keputusan. Ada orang di luar sana yang tidak punya pilihan. Apapun yang terjadi hari ini, besok.... Waktu yang kau habiskan tanpa banyak berfikir adalah keputusan penting bagi orang lain. Seperti yang kubilang sebelumnya, aku tak pandai menyenangkan hati pasien, namun aku pasti menepati janji. Janji yang sudah kubuat alasanku menjadi dokter. 


Selepas Yeon-Kyung pergi, Heo Im memberikan nasihat ke Oh Ha Ra, sehingga anak itu yg awalnya tidak ingin dioperasi berubah menjadi mau di operasi oleh Yeon-Kyung.
Heo Him berkata, " Gadis kecil, kamu tahu apa bagian tersulit dari menjadi dokter? Saat kau bisa dan mampu namun tidak dapat menyelamatkan nyawa seseorang. 
Di duniaku, ada banyak orang yang tidak bisa.....dan bisa ku selamatkan. Tapi bagaimana praktek medis kami masih belum maju untuk mengobati penyakit. Saat aku kehilangan pasienku, bahkan di saat aku mampu. Aku tidak bisa tidur dan makan. Aku merasa marah pada segalanya. 
Penyakit itu dapat disembuhkan selama pasiennya ingin sembuh. Dokter hanya bisa melawan penyakit itu bersama. Karena pertarungan pasien itu sendiri dengan penyakit mereka. Aku tidak menyelamatkanmu hari itu, tapi kau sendiri yang melakukan nya. Kau pasti bisa bertahan. 

Ada yang Mengharukan
Mengapa Heo Im mengabaikan rakyat atau kaum rendah demi memenuhi panggilan penguasa atau pejabat tinggi...??? 
Peristiwa 2 tahun lalu...  Seorang budak meminta tolong kepada Tabib Heo Im untuk menyelamatkan ibunya, Heo Im datang setiap malam dengan sepenuh hati merawat dan mengobati pasien tersebut hingga akhirnya pulih kembali. Namun nasib berkehendak lain, Tuan besar pemilik rumah marah karena mengobati budaknya tanpa seiring darinya. Heo Im mendapatkan hukuman pukulan berkali-kali hingga dia terluka parah. Ibu budak yang dirawat Tabib Heo Im pada akhirnya meninggal. Budak itulah yang sekarang setia menjadi asisten Tabib Heo Im dan menyamar menjadi laki laki. Budak ini pula yang menemani Yeon-Kyung.
Tabib jaman Joseon tidak boleh asal merawat pasien.. Harus minta izin dulu kepada pejabat tinggi atau penguasa. Penguasa pemegang kendali penuh kaum rendah, meskipun dia ingin menyelamatkan pasien. 
Seorang Tabib tidak bisa menyelamatkan siapapun hanya karena pasien itu sekarat. Starata kelas yang menentukan nasib seseorang hidupnya seperti apa dan bagaimana kehidupannya ditentukan oleh kelasnya. Mengapa yah di jaman dulu seperti itu...

Semoga semua pada akhirnya akan bahagia yah...
Selanjutnya 


Baca Juga :  
Curhatku tentang Deserving Of The Name
Curhatku tentang arti sebuah tulisan

Jangan Lewatkan Episode Sebelumnya : 


Annyeong Haseyo,... Kamsahamnida... 
Terima Kasih telah membaca di blog ini sista pembaca Kdrama... 
NO SPAM Berikan Komentar yang relevan dengan pembahasan... 
Mohon NO COPAS... HARGAI SEMANGAT PENULIS... 
Salam K Drama... Figthing Sist.. 









Postingan populer dari blog ini

Temperature of Love update 3

Hyun Soo dan Jung Sun kini bersama lagi...terlihat bahagia. Ikuti Yuk Kisahnya...  Kondisi keuangan Restoran Good Soup berangsur angsur sudah mulai membaik, berkat dukungan dana investasi Direktur Park. Beberapa waktu yang lalu Jung-Sun pernah tampil di sebuah acara tv, Star Favorit Dish, menu spesial Aktris Lee Dell Hee. Dia memenangkan kompetisi memasak tema masakan kesukaan sang Aktris, dengan juri sang Aktris sendiri. Dia memuji ketampanan Jung-Sun.dan memuji masakan Jung-Sun. Hak Cipta Gambar SBS Dia pun berkata, " Aku merasa seperti kembali ke usia 20 an lagi saat menjelajahi jalanan kota Paris bersama suamiku, melelahkan tapi aku merasa senang. Chef Jung-Sun berkata," Terima kasih,  inilah alasanku memasak. Aku ingin membuat orang bahagia meski hanya untuk sementara.  Setelah itu Jung Sun melakukan wawancara terbuka dengan media dan memposting fotonya. Jung-Sun yang tampan dan pandai memasak, dalam waktu singkat sosoknya menjadi terkenal. Banyak pengun